Prinsip Penyelesaian Konflik

Di dalam kehidupan keluarga, konflik adalah hal yang tak terhindarkan. Konflik tidak selamanya bermakna buruk. Jika kita dapat mengelola konflik dengan baik, maka kehidupan keluarga kita akan menjadi lebih baik. Berikut ini prinsip-prinsip dalam menyelesaikan konflik. Prinsip-prinsip ini berdasarkan pada penghargaan terhadap perbedaan individu dan mendorong para pihak yang berkonflik supaya tidak terpaku pada posisi tertentu.

·         Pastikan bahwa pemeliharaan hubungan yang baik mendapat prioritas utama. Sedapat mungkin, setiap orang memperlakukan orang lain dengan pantas dan memberikan penghormatan yang layak. Meskipun berada di bawah tekanan, upayakan setiap pihak tetap bertingkah laku sopan dan menghargai orang lain.
·         Bedakan antara orang dengan perilakunya. Jangan menyerang orangnya. Sadarilah bahwa ketika sedang mendapat masalah, seseorang mungkin akan berperilaku yang lain dari biasanya. Dengan memisahkan persoalan dengan pribadi yang terlibat dengan pokok persoalannya, maka Anda dapat memahami persoalan secara objektif sehingga tidak mengganggu hubungan baik.
·         Berikan perhatian pada pendapat yang dikemukakan oleh seseorang. Dengan mendengarkan secara penuh perhatian, maka Anda akan dapat memahami mengapa dia bersikap dan bertingkah laku begitu. Kata kuncinya adalah empati.
·         Dengar dulu, bicara belakangan. Supaya dapat menyelesaikan masalah dengan baik, maka Anda harus bersedia mendengarkan pendapat dari berbagai pihak.
Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut, maka Anda dapat menjaga proses dialog berjalan secara positif dan konstruktif sehingga pokok persoalan yang menjadi sumber konflik dapat diselesaikan dengan baik [Purnawan].






Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu