Anak: Antara Ada dan Tiada

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.  (Markus 10:14)
 “Cadangan itu apa sih?” Terdengar suara anak kecil di seberang bilik di warung internet. Tampaknya anak kecil itu bertanya kepada orangtuanya. Saya tertarik untuk memperhatikan percakapan itu. Saya tunggu-tunggu, ternyata orangtuanya tidak menjawab pertanyaan itu. Mereka sedang asyik menelusuri dan membicarakan daftar nama yang tertera di dalam di situs. Nama yang mereka cari tampaknya ada di dalam peringkat cadangan.
Sang anak mendengar pembicaraan itu. Dia tidak tahu arti kata “cadangan”. Namun saat bertanya, dia diabaikan oleh orangtuanya. Kemudian anak itu mengulangi pertanyaannya, tetapi tetap saja dicuekin. Saya perhatikan, anak itu sudah bertanya lebih dari 5 kali, tanpa ada satu jawaban memuaskan dari orangtua. Keberadaan anak itu seolah-olah tidak nyata di samping mereka.
Mendengar pembicaran itu, saya merasa gemes sekaligus prihatin. Keberadaan anak di antara orang dewasa seringkali dianggap sebagai “pengganggu”. “Ah, anak kecil tahu apa!” Demikian alasan orang dewasa yang malas meladeni pertanyaan anak yang punya rasa ingin tahu.
Saat anak-anak ingin menjamah Yesus, para murid segera “beraksi” melindung Gurunya. Dalam pandangan masyarakat Yahudi, anak-anak dianggap tidak produktif dan menuntut perhatian. Kelompok anak-anak dan wanita dianggap sebagai kelompok “pinggiran” yang tidak diperhitungkan. Itu sebabnya, mereka meremehkan anak-anak. Akan tetapi Yesus, memarahi keangkuhan orang dewasa ini. Anak-anak pun berhak mendapatkan pengajaran. Baik itu dari sisi kerohanian maupun pengetahuan lainnya. Jangan abaikan keberadaan anak-anak di sekitar kita. (Wwn)

SMS from God: Anak bukan milik orangtua. Anak adalah gereja di masa depan yang dititipkan Allah kepada orangtua. Rawatlah titipan Tuhan dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu

Non Proletisi