Ciri Komunitas Kristen


    Bacaan            : Yohanes 13:31-35
    Nats     : “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." (Yohanes 13:34-35)

    Seorang Bapak ingin mengunjungi kantor tempat kerja anaknya di kota lain. Dia mengirim SMS menanyakan ancar-ancarnya. “Cari saja lapangan bola,”balas anaknya via SMS,”biasanya ada banyak anak-anak main di situ. Kantor kami jaraknya hanya sepelemparan batu dari lapangan itu.”

    "Apakah ada tanda-tanda khusus yang dapat dikenali?" tanya bapaknya lagi.

    “Cari saja gedung yang jendela kacanya pecah-pecah,”balas sang anak.

    Tanda-tanda apa yang kita miliki sehingga orang lain dapat mengenali kita sebagai murid Kristus? Jika kita saling mengasihi. Di dalam komunitas orang Kristen kebiasaan untuk berdoa syafaat bagi anggotanya yang sedang sakit, mengalami pergumulan berat, menghadapi persoalan keluarga, akan menjalankan tugas tertentu dll. Mereka saling mendukung dalam doa. Inilah ciri-ciri persekutuan yang saling mengasihi.

    Selain itu mereka juga saling mengunjungi baik dalam suka dan duka. Jika ada yang sedang bersukacita karena kelahiran anak, yang lain ikut merasakannya juga. Ketika ada yang sedang berkabung, orang Kristen yang lain juga ikut mendampingi dalam kedukaan itu. Jika ada yang membutuhkan dukungan finansial, mereka menyokongnya bersama-sama. Jika ada yang berbuat salah, maka yang lain menegurnya dengan kasih. Jika ia menyesali kesalahannya, maka yang lain segera mengampuninya dan menerima kembali dengan tulus.

    Ciri-ciri seperti itu harus terlihat di dalam komunitas orang Kristen. Dengan demikian, orang lain yang melihatnya akan berkata, “Oh, pantas saja. Mereka ‘kan orang Kristen.” 

     Kita wajib saling mengasihi kerena ini adalah perintah Yesus, bukan saran atau himbauan.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Non Proletisi

    Nada yang Indah

    Lingkaran Ulat Bulu