Kebutuhan Jasmani


    Bacaan            : Matius 6:5-15
    Nats     : “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”
    --Matius 6:11
    Pada Perang Dunia II, tentara Amerika mengumpulkan para pengungsi perang di dalam tenda-tenda besar.  Banyak dari mereka yang kekurangan gizi dan membutuhkan perawatan kesehatan.

    Ketika malam menjelang, tentara Amerika melihat bahwa setiap malam anak-anak pengungsi itu tidak bisa tidur. Salah satu tentara kemudian melakukan eksperimen ini:Usai makan malam, para tentara membagikan roti kepada setiap anak untuk dibawa tidur. Hasilnya, mereka segera tidur pulas.

    Rupanya anak-anak ini merasa cemas apakah besok masih bisa makan atau tidak. Situasi perang yang membentuk mereka menjadi demikian. Para ahli psikologi memaparkan bahwa dorongan untuk memenuhi kebutuhan primer (makanan, pakaian dan tempat berteduh) merupakan sumber motivasi yang kuat. Ketika kita disodori makanan lezat, secara naluri mulut kita mengeluarkan air liur.

    Yesus sangat menyadari kebutuhan ini. Itu sebabnya, dalam doa Bapa Kami, ada permintaan:“Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”(Mat.6:11). Yesus tidak hanya mengajarkan supaya kita berdoa untuk meminta hal-hal yang rohani saja, tetapi juga untuk kebutuhan jasmani.

    Namun pada kesempatan yang lain, Yesus melarang kita mencemaskan tentang makanan dan pakaian karena Bapa tahu bahwa kita membutuhkan semua itu (Mat. 6:25,31). Ada hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu soal kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (ay.33).

    Apakah Anda ingin dapat tidur nyenyak hari ini? Carilah dulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka urusan kebutuhan jasmani akan dipenuhi oleh Allah.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Non Proletisi

    Nada yang Indah

    Lingkaran Ulat Bulu