Pentingnya Fokus

"Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul."(1 Korintus 9:26 )

Hidup harus punya fokus. Banyak orang Kristen yang membuang tenaganya dengan sia-sia karena tidak punya fokus. Ada dua keluarga misionaris menginjili suku Indian Cayuse dan Nez Perce (1836).

Keluarga Marcus Whitmans tinggal di lembah yang hijau, dekat perkampungan suku Cayuse. Sedangkan keluarga Spauldings menetap di antara suku Nez Perce di lereng pegunungan yang tandus. Kedua keluarga ini lalu memulai karyanya. Dalam perjalanan waktu, keluarga Whitmans mulai kehilangan panggilan dan menjadi petani kaya. Hasil panen yang melimpah ini sangat kontras dengan keadaan keluarga Spauldings.

Marcus Whitman menjual hasil pertanian kepada pendatang kulit putih. Istrinya, Narcissa, kehilangan gairah dan antusiasme melayani suku Indian, yang dia rintis. Meskipun Marcus melakukan kerja sosial di antara suku Indian sebagai misionaris dan dokter, tetapi orang Indian terlanjur tidak suka pada kekayaannya. Bahkan ketika Whitman berusaha menolong ketika suku itu terserang wabah, Whitman dituduh berusaha meracuni mereka.

Di senja kelam, Nopember 1847, suku Indian menyerang pertanian Whitman dan membantai 14 dari 72 orang yang tinggal di sana. Marcus dan Narcissa termasuk di antara korban.
Sementara itu, Henry Spaulding berhasil membangun gereja di antara suku Nez Perce. Istrinya, Eliza, mendirikan sekolah untuk anak-anak, mengarang buku bergambar dan menterjemahkan lagu gereja dalam bahasa suku itu.

Karena pembantaian itu, tentara Amerika memerintahkan semua msisionaris keluar dari wilayah itu. Henry Spaulding tidak bisa kembali ke ladang misinya selama 24 tahun. Akan tetapi pelayanannya mulai berubah. Para pengerjanya yang berasal dari suku Indian meneruskan penginjilan ke suku Nez Perce.

Penyebab kegagalan Marcus Whitmans karena dia kehilangan fokus hidup. Tujuan hidupnya berubah saat sukses bertani. Rahasian keberhasilan Henry Spaulding adalah fokus pada tujuan hidup. Paulus meminjam gambaran dari dunia atletik. Syarat utama seorang pelari untuk memenangkan pertandingan adalah tahu letak garis finish dan mengerahkan segala daya menuju ke sana.
Tetapkan fokus hidup Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu