Di Tengah-tengah Orang Banyak


Lukas 19:1-10
Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." (Lukas 19:5)
Zakheus ingin melihat Yesus, tetapi dia mendapat dua hambatan, yaitu kerumunan orang dan keadaan tubuhnya. Ketika mendekati kerumunan orang, pria yang bertubuh pendek ini memutuskan untuk naik ke atas pohon ara. Dia tidak merasa malu apabila tindakannya itu akan dianggap konyol oleh banyak orang.
Dengan bertengger di cabang pohon itu, Zakheus berharap dapat melihat Yesus dari kejauhan. Namun yang terjadi justru Yesus yang melihat Zakheus.  Meskipun ada banyak orang-orang yang berdesak-desakan di sekitarnya, tetapi Yesus justru memberi perhatian khusus pada Zakheus. Dia memanggil nama Zakheus. Yesus mengenal Zakheus secara utuh dan menyeluruh. Tidak hanya yang tampak dari luar saja, tetapi juga apa yang ada di dalamnya. “ Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." (1 Sam.16:7)
Apa yang dilihat Yesus ketika dia menatap Zakheus?
  • Yesus melihat seseorang yang terikat oleh dosanya;
  • Yesus melihat seseorang yang terasing dari masyarakatnya;
  • Yesus melihat seseorang yang tidak berpengharapan.
Zakheus yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang, ternyata mendapat perhatian khusus dari Yesus. Di dalam menjalani kehidupan ini, kadang kita merasa menjadi manusia yang tidak berarti.  Di tengah-tengah orang banyak, Yesus melihat Anda. Dia mengenal Anda seutuhnya: Bagaimana Anda menjalani kehidupan; Kegagalan dan keberhasilan Anda; Kekecewaan, keputus-asaan, ketakutan, kecemasan, dan penderitaan Anda.
Di antara milyaran manusia di muka bumi ini, Yesus mengenal dan menyapa Anda secara pribadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu