Fokus Kehidupan



Lukas 9:57-62
Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah." (Lukas 9:62)
Sewaktu masih anak-anak, saya suka mengikuti orang yang membajak ladang. Mata bajak yang ditarik oleh kedua sapi itu menembus permukaan tanah dan membongkarnya sehingga lapisan yang ada di dalamnya terbalik ke permukaan.  Jika beruntung, maka saya bisa mendapatkan sisa-sisa kacang tanah yang tidak ikut tercabut pada panenan sebelumnya.
Jika diperhatikan, meski ada banyak anak-anak yang mengikuti di belakangnya, tapi mata pembajak itu terarah ke depan. Mengapa begitu? Karena dia harus mengarahkan jalan alat bajaknya, sehingga didapatkan hasil bajak yang memuaskan.
Yesus memakai perumpamaan ini untuk menekankan pentingnya fokus dalam kehidupan. Apakah itu artinya kita harus melupakan masa lalu? Tidak juga. Pembajak kadangkala juga melihat ke belakang untuk memeriksa hasil bajakannya. Namun Yesus tidak menghendaki murid-murid-Nya terjerat oleh masa lalu. Pembajak yang kecewa melihat hasil bajakannya dan terlalu lama menengok ke belakang, maka arah bajakannya semakin tidak karuan.
Apakah ada yang mengganggu fokus Anda hari ini? Apakah itu hubungan dengan pasangan Anda atau anggota lain? Atau ambisi Anda? Atau keinginan untuk menyamai yang dimiliki tetangga? Atau kepahitan di masa lalu?
Yesus berhasil menyisihkan hal-hal yang dapat mengganggu fokus hidup-Nya. Itu sebabnya, Dia sukses menjalankan tugas yang diberikan Bapa kepada-Nya. Yesus tidak menghendaki murid-murid-Nya menjalankan tugas mereka dengan perhatian yang terbagi. Bagaimana Anda membajak hari ini? Apakah sudah mengarahkan pandangan Anda ke depan?
Mengerjakan sesuatu dengan setengah-setengah, maka hasilnya akan setengah-setengah juga.






Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu