Taat Hukum


Roma 13:1-7
Nas: “Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.” (Roma 13:4)


Pak Joko, jika naik sepeda motor, enggan helm standard. Dia lebih senang memakai helm cidhuk (yang hanya ditempelkan di atas kepala, seperti topi). Suatu malam, dia bertamu ke rumah temannya. Ketika hendak pamitan pulang, tuan rumah menyodorkan helm standard miliknya. "Kamu tidak boleh mati terlalu cepat karena kecelakaan. Nih, pakai ini,"kata temannya dengan bercanda.
Sore berikutnya, dia melayani di sebuah pos jemaat yang jaraknya sekitar 5 km. Lain dari biasanyam pak Joko memutuskan untuk memakai helm standard itu. Usai melewati palang kereta api, pak Joko ingin menyalib truk. Ketika sejajar dengan truk itu, tiba-tiba sepeda motornya terpelanting. Dia terlempar dari kendaraan, tubuhnya menghantam aspal kemudian tercebur ke dalam selokan. Sementara itu, sepeda motornya juga berguling-guling selama beberapa kali dan masuk selokan juga.
Pertolongan Tuhan sungguh nyata. Sepeda motor itu tidak menimpa tubuh pak Joko. Berkat helm standar yang dikenakannya, kepala pak Joko terlindung benturan dengan aspal. Setelah diperiksa, pelipis kiri helm itu mengalami keretakan. Pak Joko sendiri tidak mengalami luka-luka yang berarti. "Seandainya saya tidak memakai helm standar, saya tidak tahu apakah saya masih bisa berdiri di sini atau tidak" desis pak Joko dengan suara bergetar.
"Aturan dibuat untuk dilanggar." Pepatah ini tidak sepenuhnya tepat.  Peraturan dan hukum dibuat untuk ketertiban dan kebaikan kita. Alangkah indahnya jika orang Kristen menjadi teladan di dalam ketaatan terhadap hukum. 
"Setiap kali telah berbuat salah, maka hati menjadi gundah, perbuatan serba salah dan raut wajah tak indah."






Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu