Berkumpul




Bacaan:
Matius 8:5-11


MENGAPA orang datang berkumpul? Ada seribu satu alasan. Kumpul karena diundang pesta, diundang hajatan, arisan atau persekutuan. Orang berkumpul di sekitar lapangan saat ada pertandingan olahraga. Di banyak keluarga, komunitas orang suka berkumpul menghadap suatu benda yang namanya televisi!
Bacaan  hari ini menyebutkan kapan bangsa-bangsa akan berkumpul dan berduyun-duyun datang  bersama:  Saat Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya,  saat Tuhan mengundang semua bangsa makan bersama dalam Kerajaan Surga! Itulah gambaran akhir zaman, saat Tuhan menyelesaikan seluruh karya penyelamatan-Nya atas segala bangsa.Tuhan akan mempersatukan dan mengumpulkan semua bangsa. Saat itu akan terjadi damai, karena pedang akan ditempa menjadi mata bajak, tombak menjadi pisau pemangkas!
Pada hari ini umat manusia memang terpecah belah oleh berbagai hal: suku, ras, kulit, agama, bahasa, wilayah, adat dan budaya, pendidikan, dsb. Sabda Tuhan dalam bacaan hari ini mengingatkan kita bahwa sebenarnya dan aslinya semua umat manusia, dari mana pun dan kapan pun, dipanggil untuk bersatu dan bisa hidup bersama! Jaminannya hanya ada satu: Tuhan sendiri.
Tuhan itu adalah kasih! Maka, kunci pengikat dan pemersatu umat manusia akhirnya adalah KASIH, bukan uang, bukan agama, bukan karena adanya satu pemerintah dan satu hukum apa pun termasuk hukum sebuah agama!
PEDANG AKAN DITEMPA MENJADI MATA BAJAK,TOMBAK MENJADI PISAU PEMANGKAS





Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu