Jangkar Pengharapan


2 Korintus 4:1-15
“Kami diserang dari segala pihak, namun kami tidak terjepit. Kami kebingungan, tetapi tidak sampai putus asa.” (2 Korintus 4:8 BIS)
Situasi yang sulit dapat membuat orang kreatif. Ini yang dialami oleh seorang penggangguran bernama Jason Sadler (26t h). Dia menjual jasa tubuhnya sebagai reklame berjalan. Caranya, dia mengenakan kaus yang diberikan perusahaan untuk mempromosikan perusahaan itu. Untuk itu, dia memasang tarif bertahap. Hari pertama, dia meminta bayaran 1 dollar saja. Hari kedua, tarifnya 2 dollar. Demikian seterusnya.
Tampaknya ini tidak menguntungkan, tetapi kenyataannya dia meraup dana sebesar 66.795 dollar AS atau sekitar Rp 634,5 juta dalam satu tahun dengan mengenakan kaus setiap hari sepanjang tahun. Selain pembayaran secara harian, dia juga menjual jasa bulanan. ”Saya berjalan-jalan, berfoto, dan mengenakan kaus itu sepanjang hari. Saya juga menulis blog tentang mereka di Twitter. Saya mengubah profil di Facebook kemudian saya membuat video di YouTube. Tahun ini saya menghasilkan uang Rp 788,5 juta,” jelasnya. Angka ini dua kali lipat dari rata-rata pendapatan di AS per tahun, sebesar Rp 304 juta.
Berbagai kesulitan membuat kita bingung. Kita telah melakukan berbagai upaya, tetapi hasilnya nihil. Segala kemampuan dan kecakapan telah dikerahkan, tetapi hasilnya tidak memuaskan. Hal demikian dialami oleh rasul Paulus dan rekan sekerjanya. Mereka telah diserang oleh berbagai pihak, meski demikian mereka tidak terjepit. Rahasianya, mereka tidak menjadi putus asa.
Asa atau pengharapan itu ibarat jangkar yang menancap kuat di dasar samudera (Ibr.6:19). Kita tidak akan terombang-ambing meski digoyang oleh ombak yang kuat. Justru dari gelombang kesulitan ini kita dibangunkan dari kenyamanan dan dipaksa untuk mencari terobosan-terobosan baru. Ini adalah kreativitas[Purnawan].
SMS from God: Kemapanan itu seperti angin semilir yang melenakan. Kita bisa jatuh tertidur sehingga lupa untuk melanjutkan perjalanan.





Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu

Non Proletisi