Mengapa Ikut Yesus?



Yohanes 6:25-59
 “Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.” (Yohanes 6:26)
Bagaimana perasaan Anda jika ada orang yang menjadi pengikut Anda? Di satu sisi, Anda mungkin merasa bangga. Di sisi lain, terbetik pertanyaan: Apa motivasinya dalam mengikuti aku? Apakah niatnya tulis atau ada udang di balik batu? Hal itu pula yang dialami oleh Kristus. Ada ribuan orang yang menguntit kemana pun Kristus pergi. 
Apakah motivasi mereka tulus? William Barclay menulis demikian: "Banyak orang Yahudi yang mengikut Yesus karena mereka mendapatkan keinginan mereka [yaitu makanan] dari Yesus, dan mereka ingin memanfaatkan-Nya demi mencapai rencana, impian dan tujuan mereka. Sikap terhadap Kristus semacam ini masih ada di dalam pikiran manusia saat ini. Kita menginginkan pemberian dari Kristus, tetapi menolak  menerima salib-Nya; Kita cenderung memakai Kristus ketimbang Kristus yang memakai kita. "
Mari melakukan refleksi sejenak. Perhatikan kembali nas kita hari ini (Yoh. 6:6).  Bagaimana Yesus memandang motivasi Anda di dalam mengikut Dia? Apakah dia akan berkata kepada Anda demikian: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.”? 
Ingatlah kembali ketika Anda memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat. Mengapa Anda membuat keputusan itu? Apakah karena ikut-ikutan anggota keluarga yang lain? Apakah demi memuluskan usaha Anda? Apakah Anda hanya ingin memanfaatkan yesus demi mencapai rencana, maksud dan impian Anda? Apakah Anda tahu risiko mengikut Yesus? Siapkah Anda untuk  memikul salib dari Kristus?
Di hadapan manusia kita bisa berpura-pura, tapi di hadapan Allah kita ini telanjang. Allah mengetahui semua kebodohan kita. Kesalahan-kesalahan kita tidak  tersembunyi bagi Allah (Mzm. 69:5). Luruskanlah motivasi Anda dalam mengikut Yesus [Purnawan].
SMS from God: Menerima keselamatan itu memang mudah, tetapi mengikut Yesus itu hal yang susah. Ada salib yang harus kita pikul.





Baca renungan lainnya di http://family-devotion.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Non Proletisi

Nada yang Indah

Lingkaran Ulat Bulu